Contoh Soal Planet-planet Penyusun Tata Surya

Contoh Soal Planet-planet Penyusun Tata SuryaPada topik sebelumnya, kalian telah mempelajari topik tentang karakteristik tata surya. Dalam topik ini kalian akan belajar tentang planet-planet penyusun tata surya. 
Sebelum kita membahas delapan planet penyusun tata surya, mari kita mengingat kembali syarat benda angkasa disebut planet menurut IAU (International Astronomy Union).
Planet-planet penyusun Tata Surya
Tata surya kita tersusun atas 8 buah planet, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Planet-planet tersebut beredar mengelilingi Matahari sebagai pusat tata surya dengan garis edar (orbit) berbentuk elips dan tidak saling berpotongan. Perhatikan gambar berikut ini!
section-media
Gambar 1. Susunan sistem Tata Surya
1. Merkurius
Merkurius adalah planet terkecil dan terdekat dengan Matahari. Suhu permukaannya sangat panas sehingga tidak memungkinkan adanya kehidupan di Merkurius. Suhu udara pada siang hari dapat mencapai 4000o C sedangkan malam harinya dapat mencapai -2000o C.
2. Venus
Venus merupakan benda angkasa paling terang yang dapat dilihat manusia, maka sering dijuluki bintang fajar atau bintang senja. Venus memiliki atmosfer (lapisan udara) yang kerapatannya kira-kira 30 kali kerapatan atmosfer Bumi. Dalam hal ukuran, diameter Venus kurang lebih 12.100 km. Suhu permukaan Venus antara 453o C sampai 495o C, dan tekanan udara di permukaan atmosfer Venus 90 atm. Venus berputar lambat searah putaran jarum jam dengan kala rotasi 224,7 hari. 
3. Bumi
Bumi sering disebut Blue Planet, karena jika dilihat dari luar angkasa permukaan Bumi tampak berwarna biru. Hal ini dikarenakan permukaan Bumi sebagian besar diselimuti air. Bumi adalah planet satu-satunya di tata surya yang memiliki kemampuan untuk menyokong kehidupan. Planet ini terdiri atas tiga bagian, yaitu udara, air, dan bagian padat. Bumi berotasi pada porosnya sehingga menyebabkan terjadinya siang dan malam. Lama satu hari di Bumi adalah 24 jam.
4. Mars
Mars disebut sebagai planet merah, karena langit di Mars berwarna kemerah merahan. Atmosfer di Mars sangat tipis dibandingkan dengan atmosfer Bumi. Tekanan udara di Mars sekitar 0,01 tekanan udara di Bumi. Planet Mars mempunyai dua satelit alam, yaitu Phobos dan Deimos.
5. Jupiter
Jupiter adalah planet terbesar di tata surya kita dengan diameter 143.000 km. Massa Jupiter 317,9 kali massa Bumi. Jarak Jupiter ke Matahari sangat jauh sehingga suhu permukaannya hanya -120o C. Jupiter mempunyai satelit alam yang jumlahnya paling banyak yaitu sekitar 13 satelit, diantaranya adalah Io, Calisto, Ganymedes, Galilea, dan Europa.
6. Saturnus
Ciri planet Saturnus adalah memiliki cincin-cincin yang simetris. Kerapatan Saturnus lebih rendah dibandingkan kerapatan Bumi. Suhu permukaan Saturnus mencapai -170o C. Saturnus mempunyai satelit alam berjumlah sekitar 11 satelit, diantaranya Titan, Rhea, Thetys, dan Dione.
7. Uranus
Planet ini memiliki perilaku yang aneh, tahun demi tahun orbit Uranus menyimpang dari garis edar yang seharusnya. Suhu awan di Uranus diperkirakan -185o C. Uranus mempunyai lima satelit alam yang mengelilinginya, yaitu Miranda, Ariel, Umbriel, Titania, dan Oberon.
8. Neptunus
Planet Neptunus mempunyai kerapatan lebih besar dibandingkan planet Jupiter. Kerapatan Neptunus 1,64 gr/cm3 sedangkan Jupiter memiliki kerapatan sebesar 1,33 gr/cm3. Suhu di Neptunus sekitar -195o C. Satelit alam yang beredar mengelilingi Neptunus ada dua, yaitu Triton dan Nereid.
Tabel Perbandingan Massa, Diameter, Jarak Rata-Rata ke Matahari, Kala Rotasi dan Kala Revolusi Anggota Tata Surya
section-media




Contoh Soal Planet-planet Penyusun Tata Surya


Pengertian planet dalam (inferior) pada sistem tata surya adalah....
Planet yang memiliki ukuran paling besar dalam sistem tata surya adalah....
Berikut yang termasuk planet luar adalah....
Perhatikan ciri-ciri sebuah planet berikut:
1. merupakan planet terbesar;
2. mempunyai cincin;
3. berwarna kemerah-merahan; dan
4. memiliki satelit Phobos.
Ciri-ciri dari planet Mars ditunjukkan oleh nomor....
Perhatikan ciri-ciri planet dalam dan planet luar berikut.
1. Planet dalam berada didalam garis edar Bumi, sedangkan planet luar berada     di luar garis edar Bumi.
2. Anggota planet dalam yaitu Merkurius dan Venus, sedangkan planet luar     yaitu Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
3. Memiliki orbit yang saling berpotongan.
4. Memiliki jumlah satelit yang sama.
Perbedaan planet dalam dan planet luar yang benar ditunjukkan oleh nomor....
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut.
(1) Tergolong planet dalam.
(2) Memiliki cincin di sekelilingnya.
(3) Suhu permukaan Saturnus mencapai -170o C.
(4) Memiliki dua satelit yaitu Deimos dan Phobos.
Dari pernyataan di atas yang merupakan ciri-ciri planet Saturnus adalah....
Perhatikan pernyataan berikut.
(1) Bidang edarnya berada antara Merkurius dan Matahari.
(2) Kala revolusi 224,7 hari dan kala rotasi 244 hari.
(3) Terkenal akan cincinnya.
(4) Berputar lambat searah putaran jarum jam.
Ciri-ciri dari Venus adalah....
Planet yang mempunyai kerapatan lebih besar dibandingkan planet Jupiter adalah....
Planet terjauh dalam sistem tata surya kita adalah....
Planet dalam sistem tata surya berikut yang memiliki lima satelit alam adalah....
Jeger
Jeger
Suka Berbagi, Suka Belajar, Juga Suka Kamu, Iya Kamu!
Link copied to clipboard.