Contoh Soal Perbandingan Molekul Unsur dan Molekul Senyawa

Contoh Soal Perbandingan Molekul Unsur dan Molekul SenyawaPada topik sebelumnya, kalian telah mengetahui jika benda atau materi dapat tersusun atas molekul-molekul. Kalian juga tahu bahwa molekul dapat berbentuk diatomik maupun poliatomik. Tahukah kalian ternyata molekul juga bisa dibedakan berdasarkan atom penyusunnya? Hal ini dikarenakan tidak semua molekul terbentuk dari ikatan antaratom yang sama. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut, ya.
        Molekul adalah gabungan atom-atom yang terdiri dari sedikitnya dua atom dalam susunan tertentu yang terikat bersama oleh ikatan kimia. Suatu molekul dapat mengandung atom-atom dari unsur yang sama atau atom-atom dari dua atau lebih unsur yang bergabung dalam perbandingan tertentu. Jadi berdasarkan atom penyusunnya, molekul dibedakan menjadi molekul unsur dan molekul senyawa.
        Molekul unsur adalah gabungan atom-atom baik dua atom atau lebih yang berasal dari unsur yang sama. Contoh molekul unsur diatomik adalah gas hidrogen (H₂) terbentuk dari dua atom H, gas klor (Cl₂) terbentuk dari dua atom Cl, sedangkan contoh molekul unsur poliatomik adalah ozon (O₃) terbentuk dari tiga atom O, belerang (S₈) terbentuk dari delapan atom S, dan lain-lain. Sementara molekul senyawa adalah gabungan atom-atom baik dua atom atau lebih yang berasal dari unsur yang berbeda. Contoh molekul senyawa diatomik adalah karbonmonoksida (CO) tersusun dari satu atom C dan satu atom O, gas nitrogen monoksida (NO) tersusun dari satu atom N dan satu atom O, sedangkan contoh molekul senyawa poliatomik adalah etanol (C₂H₅OH) tersusun dari dua atom C, enam atom H, satu atom O serta gas amoniak (NH₃) tersusun dari satu atom N dan tiga atom H.
        Dalam kehidupan sehari-hari, molekul dapat kita temukan pada proses respirasi sel. Proses respirasi melibatkan molekul unsur dan juga molekul senyawa. Reaksi dari proses respirasi sel tersebut dapat kita tuliskan dengan persamaan reaksi berikut ini.

C₆H₁₂O₆ + 6O₂ → 6H₂O + 6CO₂ + Energi

        Dari persamaan reaksi di atas, kita menemukan glukosa (C₆H₁₂O₆) yang merupakan molekul senyawa, yang tersusun atas enam atom C, dua belas atom H, dan enam atom O, yang berasal dari asupan makanan. Glukosa diuraikan dengan gas oksigen (O₂), yang merupakan molekul unsur yang berasal dari udara yang kita hirup. Reaksi tersebut mengasilkan air (H₂O) dan gas karbondioksida (CO₂) sebagai molekul senyawa. Selain itu, reaksi tersebut juga menghasilkan energi yang biasa kita gunakan untuk beraktivitas.



Contoh Soal Perbandingan Molekul Unsur dan Molekul Senyawa

Atom–atom yang sejenis berikatan membentuk suatu molekul, yaitu ....
Molekul berikut ini yang termasuk molekul unsur adalah ....
Nasi merupakan sumber karbohidrat dengan rumus kimia [C₆H₁₂O₆]n. Karbohidrat ini digolongkan sebagai ….
Molekul senyawa terdapat dalam zat dengan rumus kimia ….
Perhatikan rumus kimia berikut.

NH₃

Rumus kimia di atas tergolong sebagai ….
Kita dapat membedakan molekul unsur dan molekul senyawa dari ....
Molekul tetraatomik adalah molekul yang tersusun atas empat unsur yang sama. Molekul berikut ini yang merupakan molekul tetraatomik adalah molekul ….
Pernyataan yang tidak benar tentang asam askorbat atau vitamin C yang memiliki rumus kimia C₆H₈O₆ adalah ....
Berikut ini yang merupakan molekul senyawa poliatomik adalah ….
Molekul senyawa yang dihasilkan dari proses respirasi adalah ….
Jeger
Jeger
Suka Berbagi, Suka Belajar, Juga Suka Kamu, Iya Kamu!
Link copied to clipboard.