Contoh Soal Membandingkan Teks Hasil Observasi dengan Teks Deskripsi

Contoh Soal Membandingkan Teks Hasil Observasi dengan Teks Deskripsi -

Perhatikan teks-teks berikut ini!


      Apa kesan yang kalian dapatkan setelah membaca teks tersebut? Apakah kalian dapat membayangkan bentuk ketiga danau tersebut? Apakah kalian dapat memvisualkan ketiga danau tersebut seperti gambar berikut ini?

Jika melihat gambar tersebut, kalian akan mudah membayangkan bentuk Danau Tiga Warna. Gambar membantu seseorang untuk memvisualisasikan suatu objek. Namun, teks deskripsi ini ditulis dengan tujuan membantu pembaca untuk dapat melihat atau merasakan suatu objek tanpa dibantu dengan gambar. Jadi, pembaca dapat memvisualisasikannya melalui imajinasi dengan bantuan penggambaran melalui tulisan. Teks seperti inilah yang disebut dengan teks deskripsi. 
Lalu, bagaimana dengan teks berikut ini?
Setelah membaca kedua teks tersebut, apakah kalian dapat menentukan jenis kedua teks tersebut? Lalu, apa saja perbedaan dan persamaannya?
      Teks 1 merupakan teks deskripsi dan teks 2 merupakan teks hasil observasi. Jika diamati dengan cermat, kalian akan menemukan persamaan dan perbedaan dari kedua teks tersebut. Hal yang dapat dilihat dengan jelas adalah kedua teks membahas objek secara rinci. Teks 1 mendeskripsikan tentang Danau Tiga Warna dan teks 2 mendeskripsikan tentang anggrek bulan. Pendeskripsian dari kedua teks ini menunjukkan persamaan dari perbandingan kedua teks. 
      Perbandingan juga dapat dilakukan dengan melihat struktur kedua teks. Teks hasil observasi dan teks deskripsi memiliki struktur yang hampir sama. Persamaannya adalah menggunakan struktur deskripsi bagian. Bahkan, definisi umum pada teks hasil observasi sama saja seperti deskripsi umum pada teks deskripsi. Hal yang membedakan hanya terletak pada deskripsi manfaat yang tidak dimiliki oleh teks deskripsi. Teks deskripsi hanya mencakup deskripsi umum dan deskripsi bagian. 
      Teks hasil observasi dengan teks deskripsi memang terlihat sama. Namun, kedua jenis teks ini tetap memiliki perbedaan. Teks hasil observasi menggambarkan sesuatu secara umum dan sesuai dengan fakta tanpa ada opini atau pendapat penulis. Adapun teks deskripsi menggambarkan secara khusus karena unik dan sesuai dengan sudut pandang penulis. 
      Teks hasil obsevasi dan teks deskripsi ini menjadi dua teks yang ditulis berdasarkan pengamatan. Deskripsi ada dalam teks hasil observasi dan hal ini menunjukkan bahwa teks deskripsi pada umumnya berfungsi sebagai pelengkap jenis teks lain. Misalnya, teks deskripsi digunakan untuk menjelaskan objek yang diamati dengan rinci pada teks hasil observasi atau menjelaskan tentang latar pada teks narasi. 


Contoh Soal Membandingkan Teks Hasil Observasi dengan Teks Deskripsi

Teks 1
Jahe memang memiliki banyak manfaat. Jahe dapat dijadikan obat tradisional untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak. Jahe dapat menyembuhkan batuk dan radang tenggorokan. Kadar kolesterol dalam darah pun dapat turun dengan memanfaatkan jahe ini. Jahe mampu membuang racun dalam tubuh dengan menghancurkan kolesterol jahat. 
Teks 2
Malam ini banyak bintang yang menghiasi langit. Ada yang bersinar terang dan ada yang temaram. Di atas langit sana, cahaya bintang terlihat seperti titik-titik cahaya kecil. Namun, cahayanya mampu mengubah langit yang gelap menjadi terang.
Pernyataan yang tepat untuk kedua teks tersebut adalah ....
Teks 1 
Jahe yang memiliki nama ilmiah Zingiber officinale adalah tanaman rimpang yang terkenal sebagai bahan obat dan rempah-rempah. Jahe termasuk suku Zingiberaceae atau temu-temuan. Nama ilmiah pada jahe diberikan oleh William Roxburgh dari bahasa Yunani, yaitu zingiberi.
Teks 2
Kunyit memiliki batang yang tegak, semu, bulat, membentuk rimpang, dan berwarna hijau kekuningan. Daun kunyit ini seperti lanset yang memanjang berwarna hijau pucat dengan panjang 20-40 cm dan lebar 9-12,5 cm. Kunyit memiliki bunga majemuk, bersisik, dan berambut. 
Perbedaan secara struktur dari kedua teks tersebut adalah ....
Teks 1
Gajah memiliki tinggi lebih dari 2-3,5 meter dan massa sekitar 3000-5000 kg. Gajah jantan memiliki ukuran yang lebih besar dari gajah betina. Gajah memiliki telinga yang lebar, dasar yang tebal, dan ujung yang tipis. Gajah juga memiliki belalai yang merupakan gabungan dari hidung dengan bibir atas. Belalai ini memiliki kurang lebih 150.000 fasikel otot tanpa tulang dan memiliki sedikit lemak. 
Teks 2
Jerapah memiliki tinggi sekitar 4,8-5,5 meter dengan berat 1.360 kg. Jerapah jantan memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan jerapah betina. Jerapah memiliki leher yang sangat panjang dengan kaki tipis yang juga panjang dan ekor yang memiliki bulu di bagian ujungnya. Jerapah cenderung memiliki warna putih dengan pola berwarna cokelat atau kemerahan yang menutupi seluruh tubuhnya.
Berikut ini perbandingan yang sesuai untuk kedua teks tersebut, kecuali ....
Teks 1
Manusia memiliki warna kulit yang bervariasi dari hitam hingga putih kemerahan. Manusia memiliki perkiraan umur panjang yang mendekati 80 tahun di negara-negara yang makmur. Manusia yang dapat berumur seratus tahun lebih di dunia ini diperkirakan berjumlah 50.000 pada tahun 2003. Manusia diperhitungkan dapat hidup hingga sekitar 120 tahun. 
Teks 2
Rumah putih di seberang jalan itu sangat besar dan luas. Rumah tersebut memiliki tiga lantai dengan model rumah yang megah. Bagian depan rumah itu dihiasi oleh tiang tinggi yang kokoh. Pintu dan jendela terbuat dari kayu jati dengan ukiran jepara yang mewah. Halaman rumah pun ditata dengan cantik. Banyak tanaman hias dan ayunan rotan yang menghiasi halaman rumah tersebut.
Persamaan dari kedua teks tersebut adalah ....
Cuplikan teks hasil observasi
Taman kota dapat dimanfaatkan sebagai cara untuk menghijaukan kota yang gersang. Taman kota menjadi ruang untuk rekreasi bagi masyarakat kota. Taman kota juga dapat menanggulangi gas karbondioksida yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor, pembakaran sampah, atau pabrik. Dengan adanya taman kota ini, penyerapan air dapat lebih besar sehingga dapat mencegah banjir. 
Cuplikan teks deskripsi
Bunga tulip berukuran besar dengan enam helai daun mahkota. Bunga tulip memiliki variasi warna yang indah, seperti kuning, merah, hijau, oranye, biru, ungu, dan berwarna majemuk dengan gradasi warna yang memesona. Bunga yang masih satu famili dengan bunga lili ini memiliki daun berlapis lilin yang panjang dan menyempit. Daunnya berwarna hijau kebiru-biruan.
Pernyataan yang sesuai untuk kedua teks tersebut adalah ....
Teks 1 
Kucing anggora memiliki badan berukuran sedang yang ramping dan panjang. Anggora memiliki kepala dan telinga dengan bentuk segitiga. Telinganya lebar pada bagian dasar dan lancip pada bagian atas. Kucing ini memiliki kaki yang tinggi dan ekor yang panjang. Selain itu, anggora memiliki beragam macam warna yang menarik dengan bulu yang halus dan unik 
Teks 2 
Norwegian Forest memiliki badan yang besar dan kuat. Kucing yang diduga berasal dari hutan di Norwegia ini memiliki kaki yang panjang dan ekor yang mengembang. Kucing ini memiliki cakar yang kuat sehingga mudah memanjat. Norwegian Forest menjadi jenis kucing yang pendiam tetapi ramah dan cerdas.
Persamaan dari kedua teks tersebut adalah ....
Teks 1
Topeng Cirebon dikenal sebagai Panca Wanda (lima rupa) yang merupakan alat bantu untuk melengkapi tarian topeng Cirebon. Topeng Cirebon terbuat dari kayu yang cukup lunak agar mudah dibentuk. Proses pembuatan topeng ini memerlukan ketelitian dan waktu yang cukup lama. Topeng Cirebon dibuat oleh ahli kedok (topeng) yang mumpuni. 
Teks 2 
Tari topeng Cirebon merupakan kesenian asli daerah Cirebon termasuk Indramayu, Subang, Jatibarang, Losari, Majalengka, dan Brebes. Tarian ini dipentaskan oleh seorang penari yang menggunakan topeng dan disebut sebagai dalang. Penari ini memainkan karakter dari topeng yang dikenakannya.
Pernyataan yang tepat untuk kedua teks tersebut adalah ....
Pernyataan yang tidak tepat dalam tabel tersebut ditunjukkan oleh nomor ....
Teks 1 
Musik gamelan dapat menjadi pengiring upacara-upacara peringatan kenegaraan. Dalam perkembangannya gamelan dapat mengiringi upacara adat, seperti khitanan, tujuh bulanan, pernikahan, dan sebagainya. Selain itu, musik gamelan dapat jadi pengiring pertunjukan wayang kulit, wayang orang, tari, dan sebagainya. 
Teks 2 
Rumah bercat hijau itu tiba-tiba menjadi ramai. Pintu pagar yang biasanya tertutup rapat kini terbuka lebar. Banyak orang yang berdatangan. Mereka memakai pakaian serba hitam dengan wajah yang sendu. Pemilik rumah menyambut mereka dengan suara tangisan. Di sela suaranya, ada lantunan surat Yasin yang dibacakan terus-menerus.
Pernyataan yang sesuai untuk kedua teks tersebut adalah ....
Cuplikan 1
Pohon petai adalah pohon dari suku polong-polongan (Fabaceae) yang seperti tanaman melanding atau lamtoro tetapi ukurannya lebih besar. Nama ilmiah dari pohon ini adalah Parkia speciosa. Pohon petai tersebar luas di bagian barat Nusantara. Buah petai yang memiliki bau yang khas ini dapat dimasak dengan bumbu atau disantap langsung dengan sambal. 
Cuplikan 2
Pohon petai memiliki tinggi yang mencapai 20 m. Pohon ini memiliki daun majemuk yang sejajar dan bunga yang tersusun dalam bongkol. Bunga tersebut muncul di dekat ujung ranting. Pohon petai ini menghasilkan buah besar yang memanjang dengan tipe buah polong. Pada satu bongkol terdapat belasan buah dan pada satu buah terdapat hingga 20 biji. Warna buah berwarna hijau yang dibalut oleh selaput yang agak tebal berwarna coklat terang. Buah petai ini memiliki bau yang khas.
Perbedaan dari kedua cuplikan teks tersebut adalah ....
Jeger
Jeger
Suka Berbagi, Suka Belajar, Juga Suka Kamu, Iya Kamu!
Link copied to clipboard.