Notasi himpunan dan diagram Venn

Notasi himpunan dan diagram Venn - Himpunan adalah suatu kumpulan benda-benda (obyek) yang didefinisikan secara jelas. Benda atau obyek ini biasanya disebut sebagai elemen atau anggota himpunan. 

Notasi himpunan dan diagram Venn
Notasi himpunan dan diagram Venn


Notasi himpunan ditulis dengan huruf besar, misalnya: A, B, C ... Sedangkan, elemen himpunan dinyatakan dengan huruf kecil, misalnya a, b, c
Jika kita ingin mengatakan bahwa a adalah elemen atau anggota dari himpunan A, maka kita menulis notasinya sebagai:
Jika kita ingin menyatakan bahwa b bukan elemen dari himpunan , maka kita menulis notasinya sebagai:
Himpunan kosong ditulis dengan notasi:
Jika himpunan A mempunyai, misalnya 3 elemen, yaitu a, b dan c, maka kita menulis notasinya sebagai:
cc
Jika himpunan A merupakan himpunan bagian dari himpunan B, maka kita menulis notasinya sebagai:
Operasi himpunan yang paling penting adalah: gabungan (union), irisan (intersection), komplemen relatif (relative complement) dan komplemen absolut (absolute complement). Kita dapat menggunakan diagram Venn untuk menunjukkan dan menjelaskan operasi-operasi himpunan tersebut.

1) Gabungan himpunan A dan B adalah kumpulan elemen-elemen dari kedua himpunan tersebut, tetapi jika terdapat elemen yang sama pada kedua himpunan, maka elemen yang sama itu ditulis satu kali saja. Kita menulis notasinya sebagai:
Contoh:
2) Irisan himpunan dan B adalah kumpulan elemen yang dimiliki bersama oleh himpunan dan B..Kita menulis notasinya sebagai:
Contoh:
3) Komplemen relatif himpunan A dalam himpunan B adalah kumpulan elemen dalam himpunan B yang tidak terdapat dalam himpunan A. Kita menulis notasinya sebagai:
Contoh:
4) Komplemen absolut himpunan A adalah kumpulan elemen yang tidak terdapat dalam himpunan A, dan dinyatakan dengan notasi A’. Jika elemen himpunan Aterdapat dalam himpunan universal U, maka himpunan A merupakan himpunan bagian dari himpunan U, dan notasinya sebagai berikut:
Contoh:
Jeger
Jeger
Suka Berbagi, Suka Belajar, Juga Suka Kamu, Iya Kamu!
Link copied to clipboard.